Breaking News
Loading...
Selasa, 06 Mei 2014

Audio Mobil Domi"Monster" Dari Bali

Pertanyaan yang akan muncul saat pertama kali melihat mobil ini adalah "Sedahsyat apa suaranya..??", lalu berapa banyak lama waktu dihabiskan untuk membangun mobil ini. Adalah Hyundai Getz garapan Asigen berwarna kuning lengkap dengan airbrush yang dibangun secara khusus untuk ikut dalam kompetisi ESQL. Menggunakan perangkat audio mobil merk Dominations Caraudio untuk seluruh sistem, mulai dari speaker, power dan subwoofer, modifikasi mobil yang beratnya hampir 2 ton ini dibagun selama kurang lebih setahun (wew..!?!). Mau tau lebih lanjut..? Yuk kita lihat seperti apa kehebohan dari instalasi audio mobil Hyundai Getz Domi"Monster" dari Asigen.



Audio Mobil
Hebohnya instalasi audio mobil ini bisa dilihat dari head unit Sony XAV 741 yang menempel pada bagian bumper belakang! (lho?? bukannya head unit adanya di dashboard?!?!). "Karena mobil dibuat untuk ikut kompetisi ESQL, maka biar mudah untuk mengoperasikannya head unit ditempatkan di bagian belakang. Tapi karena bagian belakang interior mobil sudah penuh ya ditaruh di bumper.." kata Pak Nyoman dari Asigen. Tidak hanya menempel di bumper belakang, dudukan head unit dibuatkan secara khusus agar keamanan terjaga dari debu, basah atau panas. Dudukan head unit juga dibuatkan sistem motorized jadi pada saat sistem audio mobil "on" head unit akan keluar dari bumper mobil.
Pada bagian depan dipercayakan speaker audio mobil fullrange Dominations F50 pada posisi pilar A dan midbass Sadewa yang ditanamkan pada pintu.  Pada bagian tengah mobil terdapat box subwoofer yang dibuat secara khusus. Box subwoofer untuk audio mobil ini tidak menggunakan kayu seperti lazimnya box subwoofer audio mobil biasa. Penggunaan coran beton dipercaya mampu menopang kekuatan 6 buah subwoofer Semar. Nah ini dia rahasia dahsyatnya suara bass yang dihasilkan mobil Domi"Monster" buatan Asigen. Ketika ditanya alasannya menggunakan beton, dengan senyum kecil Pak Nyoman menjawab "Pakai coran beton box jadi ridgid, kalo pakai box subwoofer dengan bahan dasar kayu bassnya kurang nendang".

Di bagian tengah pada saat pintu dibuka akan terlihat tweeter Dominations RS Pro sebanyak 2 buah dan 4 buah midbass Sadewa pada masing-masing sisi (kiri dan kanan) jadi total ada sebanyak 4 tweeter Dominations RS Pro dan 8 midbass Sadewa. Speaker ditempatkan pada box dengan rangka besi yang dapat ditarik keluar dan mengarah ke belakang. Penempatan speaker dengan rangka besi dimaksudkan untuk menghemat tempat dan speaker mudah diarahkan. "Penilaian kontes ESQL kan jurinya ada di belakang, jadi speaker harus bisa mengarah kejuri agar suara terdengar lebih maksimal" jelas Pak Nyoman.

Power Amplifier MobilDi belakang saat pintu bagasi mobil dibuka akan terlihat rak yang terbuat dari besi. Pada rak besi ini tersusun rapih power amplifier audio mobil merk Dominations Buddy 500D sebanyak 17 unit dan Dominations RS 4500 sebanyak 5 unit! Nah untuk sistem yang sebesar ini tersedia 6 buah accu sebagai pemasok daya.. luar biasa!

Kembali ke bumper belakang, tidak hanya head unit yang menempel di sana, 4 buah subwoofer audio mobil seri Dominations RS12YG yang juga ikut menempel di bumper! (Nah lho..!!). Dengan box yang bentuknya yang menonjol seperti laras tank siap tempur! Siap menghasilkan suara menggelegar! Untuk kekuatan dudukan tidak perlu diragukan karena dibuatkan rangka besi yang menempel (dilas)  pada sasis.

Penasaran dong kaya apa suaranya.. Lantang terdengar walaupun di area outdoor, musik terdengar detail dan rapih, megah bagaikan mendengar konser!

0 komentar :

Back To Top